Tingkatan Chef Dalam Restoran Yang Harus Kamu Tahu

Tingkatan Chef Dalam Restoran Yang Harus Kamu Tahu - Hallo sahabat Sekolah Masak Dan Akademi Tata Boga, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Tingkatan Chef Dalam Restoran Yang Harus Kamu Tahu, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel edukasi ilmu kuliner, Artikel sekolah perhotelan surabaya, Artikel Tips & trik memasak, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Tingkatan Chef Dalam Restoran Yang Harus Kamu Tahu
link : Tingkatan Chef Dalam Restoran Yang Harus Kamu Tahu

Baca juga


Tingkatan Chef Dalam Restoran Yang Harus Kamu Tahu

Di dalam struktur orginasi restoran yang baik, pastinya terdapat banyak bagian yang mengoprasionalkan jalannya kegiatan di dalam ataupun  luar dapur. Nah kali ini, Sekolah kuliner NCSA Surabaya ingin memberikan informasi penting bagi kalian untuk mengetahui tentang tingkatan chef dalam restoran yang sesuai dengan hirarki struktur chef.


Executive Chef

Hampir semua orang yang berkarir di industri kuliner tentunya mengidamkan untuk bisa mencapai di posisi teratas yang ada di dapur apalagi kalau bukan Executive Chef. Ya! kepala dapur atau Executive Chef adalah salah satu jabatan yang memegang peranan penting dari hirarki kitchen. Karena tanggung jawab pokok dari Executive Chef sebenarnya lebih besar pada teknis administrasi, antara lain seperti mengecek daftar pesanan bahan-bahan makan ke gudang, membuat menu, mengatur dan mengawasi seluruh tugas dan aktivitas yang terjadi dapur. Serta memiliki tugas yang lebih khusus adalah berkaitan dengan proses pengadaan dan pengolahan makanan yang harus wajib sesuai dengan standar yang telah ditetapkan termasuk menentukan harga makanan yang dijual.

Sous Chef

Untuk selanjutnya ada SOUS CHEF, posisi/jabatan inilah yang biasanya menjadi tangan kanan atau wakil Executive Chef disebutnya Sous Chef. Diposisi ini mempunyai tugas untuk menyusun jadwal Executive Chef dan memiliki tanggung jawab atas segala keputusan serta menggantikan posisi Executive Chef dalam dapur jika Executive Chef berhalangan hadir. Tidak hanya itu, Seorang Sous Chef juga dituntut untuk membuat laporan serta ide-ide dengan tujuan untuk mencapai target yang diinginkan oleh pemilik restoran. Hal ini seperti layaknya sahabat, karena Sous Chef juga membantu Executive Chef untuk menghitung food cost setiap bulannya juga membantu menyusun jadwal kerja hingga shift karyawan.

C.D.P / Chef De Partie

Jika dalam hierarki oraganisasi perusahaan, posisi ini kurang lebih sama seperti supervisor. Ya, Chef De Partie/CDP bertanggung jawab untuk mengawasi jalannya operasional dapur dan dapat turun tangan langsung saat mengolah makanan. Selaku supervisor, CDP juga menjadi pemimpin dalam masing-masing bagian divisi dapur seperti di bagian Cold Kitchen, Hot Kitchen, Butcher, dan Pastry. Setelah dirasakan pekerjaan oleh bawahannya sudah selesai, maka CDP akan melalukan finishing pada hasil pekerjaan mereka. CDP juga secara langsung berkomunikasi dengan Sous Chef atau Excutive Chef untuk memastikan bagian lain dapat beroperasional dengan baik.

Demi Chef

Masih adalagi divisi dapur yang mempunyai tugas sebagai penjaga kualitas menu makanan yang dihasilkan dari semua bahan baku yang ada yaitu posisi ini disebut Demi Chef. Selain mempunyai tugas sebagai quality controller, Demi Chef juga mempunyai tanggung jawab untuk mengontrol stok bahan baku serta memastikan semua operasional pekerjaan divisi dalam dapur berjalan dengan lancar dan benar


Commis Chef

Setelah semua bahan disiapkan, saatnya untuk mengolah bahan baku dasar yang akan dikerjakan oleh Commis Chef. Divisi ini bernaung di bawah perintah dan pengawasan Chef de Partie, Sous Chef, dan Head Chef. Karena pada dasarnya, Commis Chef terdiri dari beberapa tingkatan antara lain Commis 3, Commis 2, dan Commis 1 yang merupakan tingkatan paling tinggi. Untuk beberapa kegiatan tertentu, Commis Chef juga diberikan wewenang untuk bertindak melakukan tanggung jawab sebagai CDP atau Demi Chef jika mereka sedang berhalangan.

Cook Helper

Semua karyawan yang baru direkrut ke dalam suatu hirarki didapur, biasanya akan ditempatkan di posisi Cook Helper terlebih dahulu. Tugas seorang Cook Helper sendiri yaitu mempersiapkan bahan-bahan makanan yang akan diolah, membantu setiap bagian dalam divisi  dapur apabila sedang dibutuhkan, dan mencuci peralatan masak maupun membersihkan dapur hingga bersih.

BACA JUGA :



Demikianlah Artikel Tingkatan Chef Dalam Restoran Yang Harus Kamu Tahu

Sekianlah artikel Tingkatan Chef Dalam Restoran Yang Harus Kamu Tahu kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Tingkatan Chef Dalam Restoran Yang Harus Kamu Tahu dengan alamat link https://www.blog.ncsaindonesia.com/2023/02/tingkatan-chef-dalam-restoran-yang.html

Posting Komentar

0 Komentar