Tips Bermanfaat Membuat Donat Dari Rumah

Tips Bermanfaat Membuat Donat Dari Rumah - Hallo sahabat Sekolah Masak Dan Akademi Tata Boga, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Tips Bermanfaat Membuat Donat Dari Rumah, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel akademi kuliner, Artikel akademi kuliner surabaya, Artikel akademi tata boga, Artikel sekolah masak surabaya, Artikel Tips & trik memasak, Artikel tutorial membuat masakan, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Tips Bermanfaat Membuat Donat Dari Rumah
link : Tips Bermanfaat Membuat Donat Dari Rumah

Baca juga


Tips Bermanfaat Membuat Donat Dari Rumah

Hampir semua kalangan menyukai kudapan berbentuk bulat yang menyerupai cincin itu. Dengan tekstur lembut dipadukan dengan aneka topping yang beraneka ragam menambah kelezatan dan semakin bikin ketagihan. Hidangan donat juga kerap dijadikan teman minum teh atau kopi.

Oleh sebab itu, tidak jarang banyak kalangan yang tertarik untuk membuat donat sendiri dari rumah. Namun, bukanya berhasil membuat donat yang seperti dijual di toko-toko, tetapi malah sederet kendala malah dijumpai. Beberapa kendala yang dihadapi di antaranya adalah membuat donat menjadi keras, alot, dan tidak mengembang.

Nah disini kami akademi kuliner NCSA surabaya akan memberikan beberapa tips yang patut untuk dicoba dirumah kalian.

Tahap 1

  • Sebelum membuat adonan, ragi harus diaktifkan terlebih dahulu. Campurkan ragi dengan 1 sdm tepung terigu, gula dan air hangat, aduk rata hingga larut, biarkan hingga mengembang.
  • Saat membuat donat kamu bisa mengakalinya dengan mencampur terigu protein tinggi dan terigu protein sedang. (misal: cakra+segitiga, gunung+kompas, tali emas+beruang biru).
  • Gula yang digunakan di dalam adonan donat tidak perlu banyak-banyak. Maksimal 15% dari berat tepung. Gula yang terlalu banyak dalam adonan akan membuat donat keras dan mudah gosong saat digoreng.
  • Pengulenan. Campur ragi yang sudah aktif bersama gula dan tepung. Uleni dan campur hingga adonan lentur dan jika disentuh tangan tetap kering. Pehatikan suhu adonan agar bisa mengembang sempurna. Gunakan air hangat dengan suhu kurang lebih 26 – 28 ° C, jangan sampai air yang digunakan terlalu panas. Air dan adonan yang terlalu panas akan membuat proses fermentasi ragi terjadi terlalu cepat sehingga justru membuat adonan donat punya tekstur yang tidak bagus atau tidak lembut dan mudah gosong jika digoreng.
  • Jika adonan sudah lentur, cara membuat donat empuk selanjutnya adalah mendiamkannya agar proses fermentasi berjalan. Caranya, dalam baskom, gunakan kain untuk menutup adonan untuk menjaga kelembapan adonan. Diamkan adonan pada suhu kamar selama 1 hingga 1,5 jam. Adonan akan mengembang menjadi 2 hingga 3 kali lipat dari ukuran sebelumnya.
  • Jika adonan sudah mengembang, kamu bisa mulai membentuknya. Bagi adonan menjadi bagian kecil-kecil agar lebih mudah dibentuk. Cobalah untuk menekan adonan. Jika saat ditekan adonan kembali ke bentuk awal, maka adonan donat belum siap untuk digoreng. Diamkan dahulu untuk memperoleh adonan yang empuk.
  • Suhu yang ideal dalam menggoreng donat adalah 190 ° C. Suhu yang tepat akan membuat donat menguning keemasan yang menunjukan donat sudah siap dibalik memakan waktu kurang lebih 1 menit. Tak perlu berulang kali membalik donat. Cukup sekali membalik donat jika warnanya sudah keemasan.

Tahap 2

Bahan-bahan yang diperlukan

  • 250 gr tepung terigu protein tinggi
  • 125 ml air hangat
  • 50 gr mentega, lelehkan
  • 2 sdm gula pasir
  • 3 gr ragi instan
  • 2 sdm susu bubuk
  • 1 butir kuning telur

Tahap 3

Tutorial membuat donat yang paling mudah 

  1. Campurkan ragi dengan 1 sdm tepung terigu, gula dan air hangat, aduk rata hingga larut, biarkan hingga mengembang.
  2. Di wadah lain, campurkan tepung terigu, susu bubuk dan kuning telur. Aduk rata. Tuang ragi dan aduk lagi hingga merata.
  3. Tuang mentega leleh dan uleni adonan hingga kalis. Bulatkan adonan.
  4. Tutup dengan kain, simpan di dalam tempat hangat dan biarkan mengembang kurang lebih 45 menit.
  5. Kempiskan adonan dan bagi-bagi adonan sama besar dan bulat-bulatkan. Tata di loyang yang sudah ditaburi tepung terigu. Tutup lagi dengan kain dan biarkan mengembang lagi selama 15-20 menit.
  6. Panaskan minyak, buka kain dan beri lubang sedikit pada donat. Langsung goreng dengan api sedang. Balik donat sekali saja ketika dirasa sudah matang. Angkat dan tiriskan dari minyak.
Nah itu tadi tips mudah dan sederhana dalam membuat sajian kudapan si bundar / donat , resep ini bisa kalian praktekan langsung dirumah dengan bahan-bahan yang mudah untuk didapatkan di toko-toko terdekat dan juga dengan peralatan yang bisa kalian jumpai di rumah masing-masing

Jika kalian tertarik untuk mempelajari ilmu kuliner lebih lanjut kalian bisa coba untuk belajar memasak di akademi kuliner NCSA surabaya karena hanya disini kalian bisa mendpatkan kurikulum praktek dan toeri yang padat dan terpadu tidak hanya disitu di akademi kuliner NCSA surabaya kalian juga bisa mendapat prospek karir yang cerah setelah lulus belajar di akademi kuliner NCSA surabaya.




Demikianlah Artikel Tips Bermanfaat Membuat Donat Dari Rumah

Sekianlah artikel Tips Bermanfaat Membuat Donat Dari Rumah kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Tips Bermanfaat Membuat Donat Dari Rumah dengan alamat link https://www.blog.ncsaindonesia.com/2023/02/tips-bermanfaat-membuat-donat-dari-rumah.html

Posting Komentar

0 Komentar