[ PERSIAPAN ] Rilis Aplikasi Dapodikdasmen Versi 2020

[ PERSIAPAN ] Rilis Aplikasi Dapodikdasmen Versi 2020 - Hallo sahabat Sekolah Masak Dan Akademi Tata Boga, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul [ PERSIAPAN ] Rilis Aplikasi Dapodikdasmen Versi 2020, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Dapodik, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : [ PERSIAPAN ] Rilis Aplikasi Dapodikdasmen Versi 2020
link : [ PERSIAPAN ] Rilis Aplikasi Dapodikdasmen Versi 2020

Baca juga


[ PERSIAPAN ] Rilis Aplikasi Dapodikdasmen Versi 2020

Jangan lupa membaca artikel tentang bisnis di > Informasi bisnis terbaik 2020.



Selamat berjumpa kembali di blog IndoINT.blogspot.com
Bagi anda yang saat ini berprofesi sebagai seorang operator dapodik, maka tentunya anda sangat menanti-nantikan lahirnya atau rilisnya aplikasi dapodikdasmen versi 2020 yang akan di gunakan pada tahun pelajaran 2019/2020.

Hal yang paling di nantikan oleh operator dapodik sekolah ketika aplikasi dapodik versi 2020 di rilis, yaitu untuk dapat melakukan download aplikasi dapodikdasmen versi 2020 di laptop operator dapodik masing-masing agar dapat menjalankan dan melihat perubahan baru apa saja yang akan di tampilkan pada aplikasi dapodik terbaru versi 2020.



Namun bagi anda yang sudah tidak sabar untuk menantikan rilisnya aplikasi dapodikdasmen dan ingin segera mendownload aplikasi dapodikdasmen versi 2020 maka silahkan anda terlebih dahulu menyiapkan seluruh dokumen/data yang nantinya akan di gunakan untuk di input ke dalam aplikasi dapodikdasmen versi 2020 tersebut.

Adapun Data-data yang harus anda perhatikan dan anda persiapkan diantaranya adalah sebagai berikut :

  • Data Sarana Prasarana
  • Data Peserta Didik
  • Data Guru dan Tenaga Kependidikan


Seperti yang baru saja di informasikan oleh admin dapodikdasmen melalui laman web http://dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id yaitu mengenai Persiapan Dokumen dan Data untuk Aplikasi Dapodikdasmen Versi 2020, maka bagi anda operator dapodik sekolah mulai dari jenjang SD, SMP SMA/SMK agar di harapkan untuk memperhatikan informasi tersebut serta membaca secara seksama informasi tersebut agar ketika nantinya aplikasi dapodikdasmen versi 2020 telah rilis dan dapat di download, maka anda sudah memiliki pegangan dalam memahami prosedur yang akan di lalui dalam menggunakan aplikasi dapodikdasmen versi 2020.

Untuk lebih jelasnya mengenai informasi Persiapan Dokumen dan Data untuk Aplikasi Dapodikdasmen Versi 2020, maka berikut ini penjelasannya :

Aplikasi Dapodikdasmen Versi 2020 saat ini sedang dalam tahap pengujian, dan direncanakan akan dirilis pada awal Agustus 2019. Terdapat beberapa pembaruan yang cukup besar pada versi baru ini. 
Berikut ini informasi terkait beberapa pembaruan yang dimaksud:

A. SARANA PRASARANA

Seiring pemanfaatan data Sarana dan Prasarana (Sarpras) untuk program pendidikan, kebutuhan informasi Sarpras semakin berkembang. Pembaruan data Sarpras diharapkan dapat mendukung evaluasi dan perumusan kebijakan serta transaksional yang menggunakan data Sarpras. Pembaruan pada data Sarpras ini paling signifikan. Data Sarpras akan lebih dirinci dan dibagi dalam tiga submenu, yaitu:

1. Tanah & bangunan

Pendataan Sarpras yang sebelumnya mendata ruangan-ruangan yang ada di sekolah kini akan lebih berkembang. Sekolah diharapkan dapat memberikan informasi tambahan berupa data tanah serta bangunan yang digunakan oleh ruangan tersebut.

      Tanah

Data tanah yang sebelumya ada pada menu sekolah, kini akan berpindah pada menu Sarpras. Selain data luas tanah yang telah diisi sebelumnya, informasi terkait tanah diharapkan dapat memuat ukuran serta dokumen kepemilikan.

      Bangunan

Data bangunan akan dikelompokkan berdasarkan lokasi tanah. Pada data bangunan diharapkan dapat memuat informasi jumlah lantai pada sebuah bangunan, kepemilikan, serta ukuran setiap komponen bangunan.


2. Ruang

Menu Ruang memuat data prasarana pada aplikasi versi sebelumnya. Pada menu ruang data akan dikelompokkan menjadi beberapa ruang utama dan ruang penunjang. Data ruang akan terhubung dengan data bangunan, dimana diharapkan akan diketahui jumlah ruangan pada sebuah bangunan. Selain informasi kondisi ruang, informasi tambahan yang diharapkan diisi dari sekolah adalah ukuran dari setiap komponen bangunan.

3. Alat, Angkutan dan Buku

Menu ini berisi data sarana yang dikelompokkan menjadi 3 komponen utama yaitu:

      Alat

Menu alat berisi data peralatan pendidikan yang berada pada setiap ruang. Data ini dikelompokkan berdasarkan jenis alat dan diharapkan diketahui berapa jumlah dan kondisi alat di setiap ruang.

      Angkutan

Pembaruan data sarana salah satunya yaitu pendataan data angkutan. Data angkutan berisi data kendaraan-kendaraan yang digunakan untuk operasional sekolah. Informasi yang diminta adalah berupa jenis angkutan serta kepemilikan dan dokumen kendaraan.

      Buku

Referensi buku baik jenis buku teks dan buku non-teks semakin diperkaya. Sekolah diharapkan dapat mengisi dengan lengkap informasi buku, jumlah, status kelaikan serta lokasi buku berada.


B. PESERTA DIDIK

Pembaruan selanjutnya pada menu Peserta Didik, yaitu ada penambahan atribut baru dan mengingatkan kembali informasi terkait prosedur mutasi dan kelulusan.

1. Nomor Kartu Keluarga (KK)

Sekolah untuk segera melakukan sosialisasi agar peserta didik mempersiapkan data Nomor Kartu Keluarga (KK).

2. Peserta Didik Tidak Lulus

Sesuai informasi sebelumnya bahwa proses kelulusan untuk peserta didik tingkat akhir, yaitu kelas 6, 9 dan 12 akan dilakukan oleh Admin Dapodik Pusat secara otomatis oleh sistem. Bagi peserta didik yang tidak lulus, prosedur yang harus dilakukan oleh sekolah yaitu berkoordinasi dengan Dinas Pendidikan untuk membatalkan status kelulusan data peserta didik yang tidak lulus tersebut melalui Manajemen Dapodikdasmen untuk Dinas Pendidikan.

3. Peserta Didik Mutasi

Untuk peserta didik yang mutasi ke sekolah lain pada semester 1 Tahun Ajaran 2019/2020 ini, proses mutasi pada Dapodik dilakukan setelah Aplikasi Dapodikdasmen versi 2020 dirilis dan sudah melakukan sinkronisasi dengan versi baru tersebut. Hal ini dilakukan untuk memudahkan proses pemetaan siswa mutasi ke dalam rombel.


C. GURU DAN TENAGA KEPENDIDIKAN (GTK)

Pembaruan selanjutnya adalah pada menu GTK, yaitu adanya penambahan atribut baru berupa:

1. Nomor Kartu Keluarga (KK)

Sekolah untuk segera melakukan sosialisasi agar GTK mempersiapkan data Nomor Kartu Keluarga (KK).

2. Nomor Unik Kepala Sekolah (NUKS)

Penambahan atribut nomor KK dan NUKS ini dilakukan untuk mengakomodasikan kebutuhan para pemangku kepentingan untuk melakukan evaluasi, pembinaan GTK serta perumusan kebijakan serta mendukung transaksional GTK berbasis data Dapodik.


Melalui informasi tersebut maka di harapkan bagi Setiap satuan pendidikan dapat menyiapkan dokumen-dokumen dan data yang dibutuhkan untuk selanjutnya diinput oleh petugas pendataan ( yang di tunjuk sebagai operator dapodik di sekolah masing-masing ) untuk kelancaran proses pendataan.

Semoga dengan informasi tersebut maka bagi anda yang di beri tugas dalam menginput data di aplikasi dapodik sekolah dapat benar-benar memahami maksud dan tujuan dari informasi tersebut serta yang tak kalah pentingnya agar anda dapat menjaga kesehatan dengan baik sehingga ketika aplikasi dapodikdasmen telah dapat di rilis dan di download nantinya, maka anda dapat mengerjakannya dengan baik dan dalam keadaan yang sehat.

Sekian yang dapat saya berikan melalui postingan kali ini, semoga postingan ini dapat membantu anda para operator dapodik sekolah untuk memahami apa-apa saja yang perlu di persiapkan dalam menyambut kelahiran aplikasi dapodikdasmen versi 2020 nantinya.

Sumber http://kherysuryawan.blogspot.com/

Selain sebagai media informasi pendidikan, kami juga berbagi artikel terkait bisnis.



Demikianlah Artikel [ PERSIAPAN ] Rilis Aplikasi Dapodikdasmen Versi 2020

Sekianlah artikel [ PERSIAPAN ] Rilis Aplikasi Dapodikdasmen Versi 2020 kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel [ PERSIAPAN ] Rilis Aplikasi Dapodikdasmen Versi 2020 dengan alamat link https://www.blog.ncsaindonesia.com/2019/07/persiapan-rilis-aplikasi-dapodikdasmen.html

Posting Komentar

0 Komentar