Prospek Kerja Di Industri Perhotelan Indonesia Bagi Lulusan Sekolah Perhotelan

Prospek Kerja Di Industri Perhotelan Indonesia Bagi Lulusan Sekolah Perhotelan - Hallo sahabat Sekolah Masak Dan Akademi Tata Boga, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Prospek Kerja Di Industri Perhotelan Indonesia Bagi Lulusan Sekolah Perhotelan, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel biaya sekolah perhotelan surabaya, Artikel edukasi ilmu kuliner, Artikel info biaya sekolah tata boga, Artikel sekolah perhotelan, Artikel sekolah perhotelan surabaya, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Prospek Kerja Di Industri Perhotelan Indonesia Bagi Lulusan Sekolah Perhotelan
link : Prospek Kerja Di Industri Perhotelan Indonesia Bagi Lulusan Sekolah Perhotelan

Baca juga


Prospek Kerja Di Industri Perhotelan Indonesia Bagi Lulusan Sekolah Perhotelan

Sekolah Perhotelan Surabaya - Pendidikan ilmu perhotelan mungkin benar tidak setenar/seterkenal bidang pendidikan ilmu kedokteran atau bidang keilmuan lainnya. Tetapi jangan salah dulu, karena di bidang pendidikan ilmu perhotelan ini termasuk bidang ilmu yang memiliki prospek kerja cepat serta menjanjikan untuk karier kedepannya. Karena industri perhotelan cenderung mengalami peningkatan setiap tahunnya sehingga kebutuhan akan SDM calon pekerja di industri perhotelan juga semakin meningkat. Dan tentunya hal ini banyak memiliki dampak positif yang bisa didapatkan oleh lulusan perhotelan.

Dan untuk dari segi biaya kuliah/sekolah pendidikan perhotelan itu cukup relatif terjangkau. Dan justru bisa dikatakan tergolong murah karena melihat dari segi peluang bekerja setelah lulus dari pendidikan perhotelan terdapat prospek jenjang karir yang gemilang di masa depannya. Terlebih lagi bila lulusan perhotelan bisa mendapatkan pekerjaan di hotel bintang 5. Dimana seorang sarjana baru sekalipun berpeluang mendapat tawaran income / gaji yang cukup besar. Jadi hal ini bisa menjadi alasan buat kalian yang masih ragu untuk mengambil pendidikan atau alasan mengapa harus kuliah jurusan perhotelan? Dan berikut alasannya:

  1. Industri perhotelan tidak bisa dipisahkan dari pariwisata. Dimana dari waktu ke waktu dunia inudstri pariwisata akan terus berkembang.  Seperti adanya obyek wisata baru yang dibuka pun dapat berdampak baik pada industri perhotelan. Karena itu prospek dunia kerja perhotelan senantiasa terbuka akan lebar.
  2. Tersedianya banyak profesi/posisi di industri perhotelan yang bisa diambil sesuai dengan background passion. Dimana profesi ini bisa bergantung dengan program kuliah perhotelan bagus yang sedang/akan dipelajari.
  3. Meski sudah lulus kuliah perhotelan tidak serta merta mengharuskan kerja di dalam industri perhotelan saja. Namun ada peluang lain yang bisa diambil seperti bekerja di kementerian pariwisata, atau menjadi chef, dan membuka lapangan pekerjaan/usaha seperti bisnis bakery, kuliner, kafe, catering hingga lainnya. Hal tersebut karena di jurusan perhotelan peserta didik tidak hanya belajar tentang administrasi tetapi lengkap mencakup seperi tata boga, tata hidang, psikologi pelayanan, dan masih banyak lagi yang bisa dipelajari di bidang pendidikan ini.
  4. Lulusan kuliah perhotelan terbaik memiliki bekal keterampilan bahasa asing dan komunikasi. Bekal ini tentunya juga membuka peluang lain bagi lulusan yang ingin bekerja go internasional, seperti bekerja di hotel bintang lima di luar negeri atau bergabung dengan maskapai pelayaran yang tentunya tidak perlu diragukan lagi besar income/gaji tiap bulannya

Prospek Kerja Industri Perhotelan

Banyak jalur  arah karier ditawarkan lengkap dengan prospek yang baik. Seperti halnya perlu disampaikan kepada peserta didik untuk bisa memilih fokus karier sesuai passion atau minat masing-masing. Berikut beberapa diantaranya:
  • Bagian Pelayanan
Prospek/peluang kerja kuliah/sekolah perhotelan pertama ini senantiasa dibutuhkan dunia perhotelan. Hal ini mengingat peran pentingnya dalam memberi pelayanan langsung kepada konsumen nantinya. Dan ada beberapa profesi yang termasuk bagian pelayanan yaitu desk clerks, porter, concierge, dan waiter atau waitress.

Desk clerks atau resepsionis memiliki tugas penting dalam menyambut konsumen dengan pemeriksaan ada tidaknya kamar kosong, melayani pemesanan kamar, dan penarikan pembayaran. Sementara porter adalah staf yang bertugas menangani kebutuhan bagasi konsumen. Seperti membawa barang dari lobi ke kamar atau sebaliknya dan mengantar konsumen ke kamar.

Ada juga bagian yang bertugas memenuhi kebutuhan konsumen yang ingin memesan makanan di restoran, kendaraan, atau lainnya. Tugas ini dimiliki oleh seorang concierge. Bedanya waiter atau waitress yaitu lebih fokus dengan kegiatan pelayanan di hotel dengan restoran dan bar.
  • Bidang Administrasi
Prospek/peluang kerja setelah lulus kuliah/sekolah perhotelan lainnya adalah di bidang administrasi yang berkaitan dengan manajemen operasional, pemasaran, dan keuangan. Profesi yang termasuk bidang ini diantaranya manajer hotel, sales marketing, dan purchasing.

Dari apa yang dipelajari di kuliah perhotelan seorang manajer bertanggung jawab mengontrol kegiatan operasional hotel berjalan baik. Tak kalah penting, peran sales marketing dibutuhkan seperlu memperkenalkan dan mempromosikan hotel ke calon konsumen. Sementara purchasing wajib memastikan semua produk dan perlengkapan hotel terpenuhi seperti bahan makanan, seprei, handuk, dan perlengkapan lain.
  • Bidang Pembersihan dan Pemeliharaan
Kenyamanan konsumen ialah yang utama di industri perhotelan/bidang perhotelan oleh karena itu hal ini ditunjang oleh kondisi hotel yang bersih dan terpelihara. Dalam hal ini sangat dibutuhkan jasa housekeeper dan maintenance.

Pada kuliah/sekolah perhotelan kedua profesi ini memiliki peran tidak kalah penting. Housekeeper bertugas menjaga kebersihan hotel secara menyeluruh. Sedangkan maintenance bertanggung jawab memastikan semua fasilitas hotel berfungsi optimal dan bisa digunakan oleh konsumen.
  • Bidang Resto Makanan Dan Minuman
Yang terakhir ialah dibidang/job desc ini sangat dibutuhkan orang orang yang terampil atau mahir dalam mengolah/membuat makanan/masakan dan juga minuman karena dalam bidang ini dibutuhkan orang orang khusus yang mampu membuat aneka jenis makanan dengan ciri khas tersendiri dan semakin SDM tersebut mumpuni dibidang kuliner/mempunyai banyak pengalaman di bidang kuliner akan semakin memiliki nilai jual / dengan kata lain semakin besar untuk mempunyai peluang mendapat karir hingga tawaran gaji yang semakin tinggi.


Terlebih lagi jika SDM tersebut mampu mendapat pekerjaan dihotel berbintang yang ada diluar negeri dengan kata lain sudah berskala international dan tidak hanya dihotel bisa juga mendapat pekerjaan di kapal pesiar, Jadi sangat banyak buka peluang bekerja di industri perhotelan khususnya terlebih lagi bagi lulusan sekolah perhotelan.

Nah, Kabar baik buat kamu yang sedang mencari sekolah perhotelan dengan fokus pendidikan di ilmu kuliner karena saat ini sekolah perhotelan surabaya di NCSA sedang membuka pendaftaran siswa baru untuk periode MARET-JULI-SEPTEMBER ditahun 2023, dan kamu bisa memilih periode pendaftaran siswa baru sesuai dengan waktu yang kamu bisa ikuti.

Lalu bagaimana untuk mendaftarnya ?? dan untuk mendaftar di sekolah perhotelan surabaya di NCSA khusunya kamu bisa mendaftar melalui online dengan menghubungi kontak Whatsapp yang ada di blog ini ataupun datang langsung ke alamat : Villa Bukit Mas Blok RB No 01, Jl Abdul Wahab Siamin, Dukuh Pakis, Surabaya



Demikianlah Artikel Prospek Kerja Di Industri Perhotelan Indonesia Bagi Lulusan Sekolah Perhotelan

Sekianlah artikel Prospek Kerja Di Industri Perhotelan Indonesia Bagi Lulusan Sekolah Perhotelan kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Prospek Kerja Di Industri Perhotelan Indonesia Bagi Lulusan Sekolah Perhotelan dengan alamat link https://www.blog.ncsaindonesia.com/2023/01/prospek-kerja-di-industri-perhotelan.html

Posting Komentar

0 Komentar