5 teknik unik memasak yang harus kamu ketahui !

5 teknik unik memasak yang harus kamu ketahui ! - Hallo sahabat Sekolah Masak Dan Akademi Tata Boga, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul 5 teknik unik memasak yang harus kamu ketahui !, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel biaya kuliah akademi chef, Artikel edukasi ilmu kuliner, Artikel Tips & trik memasak, Artikel tutorial membuat masakan, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : 5 teknik unik memasak yang harus kamu ketahui !
link : 5 teknik unik memasak yang harus kamu ketahui !

Baca juga


5 teknik unik memasak yang harus kamu ketahui !

Sebetulnya banyak cara untuk mengolah suatu bahan mentah hingga menjadi sebuah hidangan yang siap dikonsumsi, namun hal ini tentu saja dibutuhkan suatu cara atau metode yang harus diketahui dahulu sebelum mempraktekkannya. Antara lain teknik-teknik memasak seperti menggoreng dengan wajan atau memanggang di dalam oven elektirk mungkin sudah sangat umum banyak sekali digunakan hal ini karena teknik tersebut merupakan cara termudah yang bisa dipelajari

cara masak dalam tanah
Tetapi, bagaimana dengan teknik / metode memasak tradisional, seperti teknik memanggang menggunakan oven tanah atau bahkan dengan bambu? teknik-teknik seperti ini memang masih cukup jarang didengar oleh banyak orang, karena mengingat cara/teknik terebut hanya dapat dijumpai di negara-negara tertentu saja.

Namun, jika kamu seorang yang menggemari hobi memasak, metode-metode atau teknik memasak unik berikut ini mungkin bisa kamu pelajari sehingga menambah wawasan kamu mengenai dunia kuliner.

Hang'i

Teknik memasak yang pertama datang dari suku Māori yang ada di Selandia Baru. teknik ini dikenal dengan nama hāngi. Suku Māori sendiri merupakan suku yang keturunannya merupakan berasal dari orang Poinesia yang datang di Selandia Baru pada tahun 1300M. Dan pada dasarnya, hāngi merupakan sebuah proses teknik memasak mengolah bahan makanan dengan menguburnya di dalam tanah lalu ditumpuk dengan batu yang dipanaskan.

Untuk batu yang telah dipanaskan sebelumnya dengan kayu di dalam lubang dan kemudian akan dilapisi dengan wadah yang berisi bahan-bahan makanan. Selanjutnya keranjang akan dilapisi lagi dengan material yang basah dan juga tanah. Untuk jenis Batu yang digunakan merupakan jenis batu vulkanik.



Jenis batu ini dipilih karena mudah menyerap panas dengan baik. Dan bahan-bahan makanan yang biasa dimasak dengan metode ini biasanya cukup bervariasi, biasanya mulai dari kentang, labu, daging sapi, daging ayam, wortel, ubi, dan masih banyak lagi. Di negara asalnya, teknik memasak hangi ini  masih umum dipraktikkan hingga sekarang.

Salt crust

Salt crust atau bisa disebut salt-baking merupakan sebuah teknik memasak yang dilakukan dengan cara menutupi bahan masakan lalu dicampur garam dan putih telur sebelum akhirnya dipanggang atau dibakar dalam oven. Sehingga membentuk kerak yang keras, dan dapat disemprotkan air di atasnya. Setelah selesai dipanggang, selanjutnya lapisan garam yang telah mengerak tersebut lalu akan dibuang.



Untuk fungsi garam dalam metode memasak ini selain bisa untuk memaksimalkan rasa, juga dapat menjaga kelembapan masakan hingga membuatnya matang merata. Teknik ini umumnya digunakan juga untuk memasak ikan. Walaupun demikian, teknik ini juga dapat digunakan dalam memasak umbi-umbian, daging ayam dan juga sapi.

Confit

Kata confit berasal dari bahasa Prancis yang mempunyai makna preserve atau mengawetkan. Proses memasak dengan teknik ini dibagi menjadi dua tahap, yang pertama yaitu penggaraman dan dilanjutkan pemasakan di dalam minyak atau lemak.

Perlu diketahui, bahwa teknik ini  sebetulnya berbeda dengan metode/teknik deep frying. Karena jika suhu yang dipakai dalam proses deep frying berkisar 325 derajat Celsius-450 derajat Fahrenheit, namun suhu yang dipakai dalam teknik confit hanya berkisar 200 derajat Fahrenheit saja.



Teknik memasak dengan suhu rendah dan waktu yang lama ini nantinya bisa membuat tekstur daging menjadi lebih lembut dan juga menambah cita rasa dari masakan itu. Untuk jenis daging yang biasanya dimasak dengan teknik ini pun bervariasi, mulai dari daging bebek, angsa, bisa juga daging babi.

Memasak Menggunakan Bambu

Teknik membuat masakan satu ini bisa dijumpai di beberapa wilayah di Indonesia, antara seperti daerah Sumatra Barat, Sulawesi Selatan, Bali, Maluku Utara, Kalimantan Barat, dan Sulawesi Utara. Dan salah satu kuliner asli Indonesia yang terkenal menggunakan bambu sebagai salah satu teknik memasaknya ialah lemang.

Ciri khas kuliner satu ini terbuat dari beras ketan yang digulung dengan daun pisang lalu dimasak di dalam seruas bambu dengan metode dibakar. Selain dapat menambah cita rasa, memasak nasi di dalam ruas bambu juga disinyalir dapat membuat teksturnya jadi lebih lembut. Ditambah lagi, metode memasak satu ini termasuk metode memasak sehat karena menggunakan bahan yang cukup alami.

Tandoori

Teknik memasak yang terakhir datang dari India, diesebut dengan tandoori. Cara memasak satu ini menggunakan oven tanah liat yang dibentuk menyerupai silinder (tandoor). Dan untuk bahan makanan yang cocok dimasak dengan teknik seperti ini ialah Daging-dagingan, seperti ayam, sapi, dan domba. Sebelum bahan makanan tersebut dimasukkan ke dalam oven, daging akan terlebih dahulu dimarinasi dengan yoghurt dan juga memakai berbagai jenis rempah untuk kemudian di sejajarkan pada tusuk sate logam.



Selain bisa untuk memasak daging, tandoor juga biasanya digunakan untuk membuat naan, roti pipih beragi. Teknik memasaknya ialah dengan menempelkan adonannya kedalam dinding tandoor. Untuk diketahui bersama, metode tandoori ini disinyalir awalnya berasal dari bangsa Persia, lho.

Nah, bagaimana setelah membaca artikel diatas apakah cukup menambah wawasan kalian mengenai dunia kuliner ? jika kalian merasa masih belum cukup mengenal dunia kuliner atau diantara kalian ada yang ingin mempelajari ilmu kuliner lebih jauh, kalian bisa mendaftarkan diri kalian di akademi chef NCSA surabaya, karena hanya disini kalian bisa mendapatkan kurikulum praktek dan teori yang cukup sebagai bekal kalian berkarir di industri kuliner nusantara dan seluruh dunia.

BACA JUGA :


Demikianlah Artikel 5 teknik unik memasak yang harus kamu ketahui !

Sekianlah artikel 5 teknik unik memasak yang harus kamu ketahui ! kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel 5 teknik unik memasak yang harus kamu ketahui ! dengan alamat link https://www.blog.ncsaindonesia.com/2023/02/5-teknik-unik-memasak-yang-harus-kamu.html

Posting Komentar

0 Komentar